Tuesday, February 1, 2011

"kain tenun Indonesia"

ULOS adalah kain tenun khas Batak berbentuk selendang, yang melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anaknya atau antara seseorang dan orang lain, seperti yang tercantum dalam filsafat batak yang berbunyi: “Ijuk pengihot ni hodong.” Ulos pengihot ni halong, yang ertinya ijuk pengikat pelepah pada batangnya dan ulos pengikat kasih sayang diantara sesama.
                                                                            Motif Insana
                                                                   Motif Buna



                                                                        Motif Sotis

Di sini ada 2 macam motif tenun ikat yaitu motif Insana dan Biboki. Keduanya menunjukkan daerah asal motif tersebut. Motif Insana cenderung berwarna cerah menggunakan benang toko (istilah para penenun untuk benang yang biasa mereka beli di toko), jenisnya ada dua yaitu sotis dan buna
Tenun sotis permulaannnya rata seperti kain pada umumnya sedangkan 
Buna ada bagian yang menonjol seperti dibordir dan kita agak sulit menentukan mana bagian yang luar dan dalam. Tentu saja yang motif buna harganya jauh lebih mahal ketimbang yang sotis. Sedangkan motif Biboki cenderung kalem menggunakan warna2 tanah.
 
 
 
Kain lurik, berbahan sutra merupakan hasil karya kembangan seorang pengrajin di Yogyakarta. Jenis kain milik Endro Kuswarjo ini terlihat lembut dan bermotif aneka ragam. Namun, kain yang dikembangkan Endro tersebut menggunakan bahan dasar sutra. Kain lurik sutra dibuat dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dari hasil olahan kepompong ulat sutra benang digulung. Gulungan yang halus tertata rapih ini sebagai umpan mesin tenun yang akan digunakan untuk membuat kain lurik.


                                                            
Kain tenun Sintang ” Sempepat Perahu” Tenun Sintang, teknik tenun ini telah eksis sejak adanya etnis Dayak di Kalimantan. Semua warna di benanng2 tersebut memakai warna dari proses alami seperti warna kulit kayu yang dimasak dstny

No comments:

Post a Comment